40 TRIK UNTUK MEMBANGUN RASA PERCAYAAN DIRI

Keyakinan adalah alat yang dapat digunakan didalam kehidupan sehari-hari bagi anda untuk melakukan segala macam hal yang menarik, paling tidak untuk menghentikan menebak-nebak dirimu sendiri, mengelola rasa takut dan merasa mampu untuk melakukan kesemua hal yang benar-benar penting didalam hidupmu.

Akan tetapi, tidak banyak orang yang menyadari bahwa kepercayaan diri mereka bekerja seperti otot, ia tumbuh didalam menanggapi tingkat kinerja yang dibutuhkan saat itu. Anda dapat menggunakannya ataupun kehilangannya. Oleh karena itu, saya sudah menyediakan 40 trik untuk membangun rasa percaya dirimu sehingga anda dapat menghadapi hari, diantaranya adalah:

  1. Mempelajari hal-hal yang baik setiap malam (sebelum tidur) dan menikmatinya.
  2. Pergi ke tempat gym. Efek fisiologis akan membuat anda menjadi percaya diri.
  3. Mengunjungi acara networking dan fokus pada bagaimana anda dapat membantu orang lain daripada mencemaskan dirimu sendiri.
  4. Mendapatkan hal-hal yang jelas dan penting didalam hidupmu. Jika hal tersebut tidak ada didalam hidupmu, maka anda perlu membawanya ke dalam.
  5. Menuliskan sebuah daftar berisikan hal-hal yang dapat anda toleransikan dan buatlah hal tersebut menjadi bagian didalam hidupmu. Kemudian tuliskan juga bagaimana anda dapat membuangnya, meminimalkannya atau menguranginya.
  6. Melihat pencapaian besar atau kesuksesan yang anda torehkan dan berikan dirimu kredit untuk menjadi bagian didalamnya. Mengakui prestasimu tidaklah egois, itu adalah sesuatu yang sehat.
  7. Lain kali disaat anda berada di sebuah acara sosial, anda tidak harus menempel dengan orang-orang yang anda kenal tetapi anda harus dan memulai percakapan dengan seseorang yang tidak anda kenal sebelumnya.
  8. Melakukan satu hal setiap hari yang dapat membuat dirimu tersenyum.
  9. Mencari pola pemikiran yang dapat membawa dirimu masuk ke tempat dimana anda bisa menebak-nebak. Sekarang bayangkan bahwa teman terbaikmu pergi melalui proses pemikiran yang sama, lantas apa yang akan ingin anda katakan kepada mereka?
  10. Anda harus menjaga agar pikiranmu cukup diberi makan, tulislah 20 daftar yang dapat membuat pikiran anda terpelihara dan pastikan anda memberi mereka ruang didalam hidupmu.
  11. Berhenti memainkan peran yang berbeda dan jadilah dirimu sendiri.
  12. Belajarlah untuk menangkap dirimu sendiri setiap kali anda mengatakan kepada diri sendiri bahwa anda tidak akan pernah bisa, tidak dapat memiliki atau tidak cukup baik untuk mendapatkan apa yang anda inginkan.
  13. Berpikir secara otomatis, buatlah keputusan yang disengaja berdasarkan hal yang penting bagi dirimu.
  14. Lain kali ketika anda menghadapai resiko atau tantangan, dengarkanlah kata hatimu dan mencari cara agar dapat meningkatkan dialog batinmu. Tanyakan kepada dirimu sendiri, “Hal apa yang dapat membuat tantangan ini terlihat lebih mudah?”.
  15. Anda takut terlihat konyol di mata orang lain? Ini bukanlah masalah besar jadi jangan biarkan hal ini menghentikan langkah anda. Katakanlah kepada dirimu sendiri, “tidak perlu diperdulikan”.
  16. Jangan memikirkan bahwa anda adalah orang yang tidak punya rasa percaya diri. Faktanya sudah banyak hal yang telah anda lakukan dengan rasa percaya dirimu, anda hanya perlu melihatnya dan mengakrabkan diri dengan rasa tersebut.
  17. Mendengarkan rasa keraguanmu dan siap untuk membuat keputusan yang disengaja setelah anda mendengar keraguan tersebut. Terkadang, rasa ragu akan membiarkan dirimu mengetahui hal apa yang anda butuhkan sehingga anda dapat menggunakannya sebagai keuntungan untuk bergerak selangkah ke depan.
  18. Anda tentu mempunyai sejumlah aturan kuno yang akan menentukan hal apa yang akan anda lakukan, jangan dilakukan, harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Aturan-aturan ini akan membatasi pemikiran dan perilakumu. Anda harus merobek “buku aturan kuno” ini dan perhatikan bagaimana anda dapat membuat sebuah keputusan besar setelahnya.
  19. Apakah anda pernah merasa risih akan diri sendiri karena anda tidak berhasil mencetak satu keberhasilan atau gagal mengambil kesempatan? Jangan salahkan dirimu karena itu hanya akan membuat anda merasa jauh lebih buruk. Sebaliknya, anda harus jujur dan bertanya kepada diri sendiri tentang apa yang telah anda peroleh dari situasi tersebut. Berdasarkan pengalaman sukses dan gagal ini, pilihan apa yang dapat anda perbuat di waktu berikutnya?
  20. Jika anda sudah pernah melakukan segala sesuatu didalam hidupmu, maka anda tidak perlu takut lagi. Jangan pernah berpikir bahwa takut berarti anda tidak percaya diri, itu hanya berarti anda telah pergi ke suatu tempat yang baru.
  21. Jika terdapat seseorang didalam hidupmu yang menempatkan posisimu ke bawah atau membuatmu merasa terkucilkan, anda berhutang kepada diri sendiri untuk membiarkan mereka tahu bahwa anda mengharapkan sesuatu yang berbeda dari sekarang. Anda layak mendapatkan yang terbaik.
  22. Memahami dan menerima semua pengalamanmu, baik itu yang baik ataupun yang buruk. Ini semua adalah hal yang setara dan apabila anda tidak menyukainya maka hanya akan menciptakan sebuah konflik.
  23. Selalu menyadari bahwa anda bisa menghadapi semua masalah sehingga anda mungkin menemukan dirimu lebih dalam lagi, tidak peduli seberapa sulitnya masalah tersebut.
  24. Jangan terhanyut ke dalam drama yang terjadi sekarang, cari tahu apa saja hal yang bermanfaat untuk anda terlibat didalamnya.
  25. Tidak langsung menyerah akan masalah kecil ataupun besar.
  26. Ketika anda merasa seperti ingin meneriakkan, “Saya pantas menerima semuanya ini!”. Segera ambil langkah mundur dan katakan, “Saya bisa lebih baik dari sekarang”.
  27. Keyakinan terkadang mengakui dirimu keliru, anda harus selalu siap untuk membuat keputusan dan mengubah pola pikiranmu.
  28. Percayalah kepada instingmu karena mereka tahu apa yang mereka bicarakan.
  29. Ketakutan adalah cara untuk membiarkan anda mengetahui bahwa anda akan meregangkan diri dan menumbuhkan rasa percaya dirimu. Hal ini baik sehingga terapkan hal ini ke dalam dirimu sendiri.
  30. Bayangkan dirimu dikunjungi oleh kesuksesan, percaya diri, menarik dan bersemangat di masa depan. Lantas apa yang mereka ingin sampaikan kepadamu?
  31. Jangan merasa seperti anda harus melakukan semuanya sendirian, terkadang ada beberapa hal yang memerlukan bantuan seseorang untuk menyelesaikannya.
  32. Mengambil kesempatan untuk hari esok. Apapun itu mulai dari besar atau kecilnya, anda cukup mengambil kesempatan saja.
  33. Anda perlu berada di sekitar orang-orang yang membuat anda merasa seperti diri sendiri, sehingga anda akan menghabiskan waktu lebih banyak dengan orang-orang yang mendukung dan menyemangati anda.
  34. Berhenti memperjuangkan untuk melawan hal-hal yang tidak anda sukai didalam hidupmu. Ciptakanlah lingkungan yang kongruen di sekitarmu sehingga anda tetapi akan menjadi dirimu sendiri.
  35. Tidak ada satupun manusia yang berada di sebuah pulau sendirian. Anda perlu untuk menjadi bagian dari dunia sekitar untuk merasa percaya diri. Anda bisa berpartisipasi didalam hal-hal penting.
  36. Lupakanlah pro dan kontra. Anda harus melakukan sesuatu yang berani dalam menghadapi tantangan dan ketakutan.
  37. Bekerja pada pengembangan keterampilan yang anda butuhkan untuk menang didalam hal penting bagimu.
  38. Tubuh adalah cermin dari pikiran, saat anda menggeser tubuh ke dalam keadaan percaya diri maka hal tersebut akan memberikan hasil yang mengejutkan.
  39. Jangan berkecil hati atau kehilangan motivasi ketika anda mendapatkan 90% dari sesuatu ayng telah anda kerjakan. Dorong kemampuan anda dan melihat bahwa 10% terakhir akan memberikan sebuah keajaiban.
  40. Terus membandingkan dirimu dengan orang lain? Stop, jangan mencoba untuk memvalidasi diri melalui perbandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *